ya kembali lag dengan saya, kali ini saya akan memposting sebuah materi sekaligus juga prakterk teorinya yaitu cara/ mengkofigurasi vlan pada sebuah perangkat cisco, vitur ini disediakan oleh pihak cisco nya sendiri tetapi kita perlu mengatifkan nya secara manual dengan perintah perintah tertentu yang pastinya mudah untuk di pahami  langsung saja ke materi dan prakteknya langsung saja.

nah sebelum kita masuk tahap konfig kita ketahui dulu ya beberapa teorinya saya akan jelaskan semaksimal dan segampang mungkin supaya para pembaca mudah memahaminya dengan mudah ehehehe ,,, langsung saja .

SAYA MENGGUNAKAN MEDIA APLIKASI CISCO PACKET TRACER  
!!!!! dan  saya ingatkan gunakan tab pada saat pengetikan perintah itu untuk mempermudah anda mengetik perinthanya dan skaligus sebagai pengoreksi apakah kata kata yang anda tulis itu sudah sesuai dengan kalimat perintah yang sesungguh nya!!!!

vlan singkatan dari Virtual Local Area Network ini adalah sebuah vitur yang memungkinkan satu sebuah swich memiliki group yang berbeda dengan membuat virtual jaringan di dalam nya maksudnya apa nie misal anda mempunya swich satu nah otomatis semua port ini terkoneksi dalam satu group yang sama kan nah anda mau membuat nya menjadi beberapa group contoh port satu untuk kantor dan hanya lingkup kantor saja yang bisa mengakses nya dan juga anda ingin membuat yang port dua ini di buat group untuk ruang perusahaan nya nah fungsi vlan secara logika nya seperti itu. jadi secara fleksibilitas lebih menguntungkan dari pada kita memasang device lagi atau menambah kabel lagi untuk mebuat sebuah group jaringan yang baru ya. 

nah sebelum kita masuk konfig kita buat dulu topologi sederhana nya contoh saya menbuat topologi yang sangan sederhana yaitu dengan menggunakan swich 1 dan pc/vpcs nya 4 nah ini bisa anda tambahkan lagi vpcs nya  sebanyak port yang ada tapi untuk simulasi kita memakai 4 buah vpcs saja sudah cukup.

pada langkah yang pertama yaitu anda harus mesetting dulu ip dan subnet nya pada masing masing pc/vpcs nya ya saya akan membarikan contoh ip 192.168.1.1(pc0) 192.168.1.2(pc1) 192.168.1.3(pc2) 192.168.1.4(pc3) dan subnet 255.255.255.0 anda bisa menganti ip dan subnet nya sesuai dengan ke inginan anda, nah gimana cara nya setting nya duble klik pada vpcs nya nah setelah kita mengklik nya p dekstop dan pilih lah icon sebuah ip. 

nah setelah masuk pada ip nah anda tinggal mengisi ip dan subnet nya sesuai dengan ip yang anda pikirkan tetapi harus tetap sesuai ya dengan kaidah kaidah nya jadi janga sembarangan jga heheheh.

setelah kita menambahkan sebuah ip nah kita ping dulu kita coba apakah semua pc terkoneksi dengan benar dengan perintah ping ,, nah gimana cara nya ? kembali ke menu/halaman dekstop nah pilih command prom.

nah setelah masuk kemode prom nah kita ping tuh semua pc nya harus bisa semuanya ya kalo engga berarti ada yang salah dengan aplikasi anda atau pemberian ip yang anda gunakan.

nah setelah anda ping semua pc nya dan berhasil, kita lajutkan ke kofigurasi router untuk vlan ada dua mode pembuatan vilan pada swict cisco nya ,, saya mencontohkan yang mode previlage tetapi saya akan memberi tau juga cara yang satunya ,,,

 MENGGUNAKAN MODE PREVILAGE KETIKAN PERINTAH INI:

Masuk lah pada mode previlage config perintah= enable/en pada mode pertama dan bila anda sudah pada mode global config anda tinggal ketikan ex/exit untuk keluar dari global config.
Setelah masuk mode prefilage ketikan perintah ini=
vlan database
vlan 10 name blog (NAME VLAN DAN NOMOR NYA BISA DIATUR SESUAI KEINGINAN ANDA ATAU DIGANTI)
tekan enter
vlan 20 name bekasi
tekan enter 
BILA ADA PESAN APPLY COMPLETED nah tanda nya vlan nya suda berhasil dibuat.

MENGGUNAKAN MODE GLOBAL CONFIG =
masuk pada global config ketikan perintah ini = conf t 
tulis perintah ini =
vlan 10
name blog 
tekan enter 
vlan 20 
name enter
ex
!!!!! ingat gunakan tab untuk mempercepat dan juga mengoreksi kata kata dari kesalah ketikan yang tidak sesuai dengan perintah yang sudah di tentukan!!!!!

itula adalah dua cara mebuat vlan pada swich cisco ya opsi ini bisa di gunakan jadi tinggal anda saja lah yang memilih caranya mana yang paing gampang anda terapkan dan juga paling simple. 


untuk masukkan setiap device ke setiap vlan yang kita buat itu mudah sekali kita tingal mana port yang kita ingin masukkan ke dalam group vlan yang sudah kita buat tadi caranya seperti ini .

KETIKAN PERINTAH INI
masuklan ke mode global config dengan perintah = conf t
ketikan perintah ini=
int fa0/1
switchport mode access
switchport access vlan 10
int fa0/2
switchport mode access
switchport access vlan 20
int fa0/3 
switchport mode access
switchport access vlan 20
int fa0/4 
switchport mode access
switchport access vlan 10
ex
!!!!! ingat gunakan tab untuk mempercepat dan juga mengoreksi kata kata dari kesalah ketikan yang tidak sesuai dengan perintah yang sudah di tentukan!!!!!

ini adalah sebagai contoh port mana kan yang akan menjadi vlan manakan bisa anda kofgurasi sesuai dengan keinginan anda tetapi tetap harus mengikuti kaidah yang suda ada ya jadi tidak boleh asal asalan juga ...

setelah anda mebuat vlan dan sudah memasukkan port ke dalam group vlan nya nah kita perlu memastikan nya apakah semua port sudah masukk ke vlan dengan benar atau mengecek apakah semua port sudah ke daftar ke vlan nah caranya gampang:
ketikan perintah ini :
sh vlan br 
nah setelah anda ketikan perintah tersebut coba lihat apakah  setingan atau semua yan sudah anda kofigurasi sudah sesuai dengan apa yang anda inginkan dan pastikan benar semua nya ya sepaya bisa lanjut ke tahap selanjutnya .


setelah tadi anda sudah mengecek semua komponen sudah masuk ke vlan yang sudah di tentukan sekarang adalah pengecekan di vpcs nya yaitu dengan perintah ping , ping ke semua vpcs yang ada dari pc0-pc3 dan lihat apakah yang terjadi.

setelah anda ping semua nah cek/perifikasi dengan perintah
sh mac-address -table dan lihatlah vlan mana sajakan mac-address manakah yang terlihat di sana kalo benar ada 4 yang terlihat disana.

penjelasan ..

nah mungkin anda bingun meangpa pc yang tadi nya bisa di ping semua jadi hanya sebagian saja yang bisa di ping atau yang lain nya saya akan jelaskan semaksimal mungkin supaya para pembaca mengerti mengapa hal itu bisa terjadi ya ,,

mengapa hanya beberapa pc saja yang bisa di ping ?
kenapa hanya sebagian dikarenakan bila kita sudah membuat sebuah vlan dan memasukkan port ke vlan/group nya nah pc yang satu vlan saja lah yang bisa menghubungi pc satu vlan dengan nya dan mengapa tidak bisa ngeping ke pc lain nya di karenakan pc lain nya ini beda vlan istilah kata beda group nah jadi tidak akan bisa menghubungi nah tetapi anda masih bisa menghubungi dengan berbeda vlan dengan cara menggunakan swich layer3 dan juga router sebagai jembatan untuk menghubungu berbeda vlan tersebut bahkan berbeda network sekalipun.

tanda nya anda sudah mebuat vlan dengan benar
1.pc hanya bisa menghubungi pc dengan vlan yang sama
2.pc tidak bisa ngeping dengan pc yang berbeda vlan
nah itu saja tanda nya untuk membuat vlan biasa nah pada waktu yang akan datang akan saya post vlan dan trunk dan juga intervlan nah tungg saja ya ....

saya sabagai penulis memohon maaf bila ada salah kata atau salah dalam penulisan postingan ini .

terimakasih kepada anda yang sudah berkunjung blog ini terimakasih


sampai jumpa dengan materi lajutan nya