Kembali lagi dengan jempolan, pada kali ini saya selaku penulis akan menghadir sebuah tutorial yang berjudulkan bagaimana membuat web server pada windows server 2012 iis,IIS ini adalah salah satu aplikasi/vitur yang berguna untuk mebuat sebuah web server, IIS itu sendiri adalah kepanjangan dari Internet Information Server, Aplikasi/vitur IIS Pembuat web server secara default sudah ada dan tertanam diberbagai operating system windows server, IIS ini bisa dikatakan lebih mudah di gunakan di karenakan system nya menggunakan konsep gui, tetapi sayang nya IIS ini hanya ada dan ekslusif untuk produk microsoft saja.
Topologi yang saya gunakan adalah sebagai berikut.

Sebelum anda memulai proses pembuatan Web server IIS anda sebaiknya sudah menginstall yang namanya dns server dan juga active directory domain services, bagi anda yang belum tau cara menginstall dns server dan juga active directory domain anda bisa mampir ke link ini ya , semoga dapat membantu.

1. Buka server manager, setelah itu pilih add roles and features berfungsi untuk menginstall dan menambah fitur fitur yang ada contoh nya kita ingin manambah web server IIS

2. Kemudian pilih role based on feature based installation

3 Setelah itu kita pilih select a server pool, di karenakan saya cuma ada satu jadi kita bisa langsung klik next tanpa harus memilih mana sever yang ingin di konfigure .

4. Setelah masuk pada tahap server roles, di sini kita akan meng add fitur web server IIS nya, centang web server IIS nya.

5. setalah akan muncul sebuah notif dan berisikan apa saja yang ada pada paket penginstalan web server IIS tersebut, setelah itu add features.

6. Nah sudah terceklis kan, setelah itu kita klik next untuk melanjutkan ketahap berikutnya.

7.  Pada opsi ini kita dapat langsung melanjutkan, alasan kenapa langsung lanjut saja di karenakan fitur yang kita butuhkan sudah kita dapat, jadi bisa kita langsung klik next

8. Setelah itu nantinya akan masuk ke sebuah web server role iis yang berisikan tentang web server iss itu sendiri, klik next

9. Select role services di dalam nya terdapat berbagai macam services yang ada pada web server iis yang sudah kita pilih tadi, secara default terkadang healt and diagnostig ini tidak terceklis, kita ceklis services tersebut befungsi sebagai pengontrol atau juga memonitoring kesehatan yang berhubungan dengan web server iis (kira kira seperti itu) sebagai contoh saya menceklis beberapa services anda bisa lihat di ss nya, klik next untuk melanjutkan.

10. Pada tahap ini nanti nya akan mucuk sebuah confirmasi penginstalan beberapa feature dan services yang kita pilih sebelumnya, lakukan pengecekan sebelum penginstalan di mulai, supaya tidak ada services dan feature yang tertinggal pada saat install nanti, klik install untuk menginstall feature dan services yang kita pilih sebelumnya .

11. Proses penginstalan sebuah feature dan services sedang di lakukan, perkiraan waktu penginstalas yaitu 2 menit memakai storage bertipe hdd dan 30 detik bila memakai storage bertipe ssd, bila nanti sudah selesai proses penginstalan nya  tadi nya  notif installation started akan berubah menjadi installation succeded.

12. Setelah menginstal dan selesai , kita buka menu tools di pojok kanan atas dan pilih Internet Information Services (IIS) Manager

13. Nah ini adalah tampilan/ jendela dari tools web server IIS

14. Sekarang kita buka tools kembali dan pilih Dns

15. Buat lah sebuah host baru pada domain yang sudah kita buat sebelumnya, cara nya bisa anda buka link tesebut (sebetul nya persyaratan tentang dns ini sudah saya beritau pada awal penulisan) , yaitu dengan cara klik kanan pada host dan klik new host (a or aaaa).

16. Masukkan nama www dan juga masukkan ip address seuaikan dengan ip yang ada, setelah itu klik add host.

17. Pada server. Setelah itu kira atur DNS pada server yang kita gunakan dengan IP server nya sendiri, bila anda tidak mau repot anda bisa memakai atau mengguankan ip loopback untuk menginsi dns nya, di karenakan IP loopback tersebut berarti sama dengan IP Perangkat itu juga, setelah itu klik ok .

18. Pada server. kemudian kita buka browser instrnet explore atau browser yang lain nya, kemudian buka web yang kita buat dengan cara memasukkan nama domain dan kedua ip web server pada kolom url.
Nah cek apakah bisa, bila bisa kita akan beralih pengujian ke client

1. Pada client.  kita seting IP, Gateway (bila perlu), Dan juga DNS (yang mengarah ke IP Server)
setelah itu kita klik ok 

2. Pada client.  setelah itu kita buka browser , contoh saya menggunakan microsoft edge bawaan windows 10, dan coba buka web atau domain nya
Bila hasil nya nihil, saya akan mengasih beberapa klu (klu ini bersumber dari pengalaman saya sendiri)

biasanya ada yang salah dalam pemasukkan ip
salah memasukkan nama domain/host name pada saat pengetesan 
penempatan dns yang salah
itu adalah beberapa faktor penyebab hasil nya menjadil nihil dan tidak berhasil sewaktu mencoba mempraktekan nya.
(jujur saya mengalami pernah mengalam kegagalan dalam pembuatan web server ini, saya sendiri engga engeh kalo dns yang saya masukkan salah dan membuat pusing selama dua minggu di karenakan tiap coba gagal mulu tapi setelah saya cek ulang engga tau nya permasalah nya sepele namun fatal yaitu salah memasukkan dns wkwkwk)
Jadi pesan saya dalam melakukkan praktek membuat web server IIS bagian pertama ini, harus teliti supaya nantinya jangan ada yang ketinggalan dan terkecoh dengan hal sepele,  seperti penulis yang terkecoh hanya dengan dns yang ngawur alias salah dns nya sampai pusing dua minggu wkwkw tapi udah benar tenang  haha buktinya sudah saya posting dan bisa wkwkw

Nah sekian dari saya mohon maaf bila ada salah penulisan dalam postingan kali ini
terimakasih bagi anda yang sudah berkunjung ke blog sederhana ini
terimakasih.